Home » , , » Pencegahan Untuk Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Pencegahan Untuk Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Pencegahan Untuk Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
Hipertensi (HTN) atau tekanan darah tinggi, kadang-kadang disebut juga dengan hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah.

95% kasus hipertensi tidak diketahui penyebabnya disebut hipertensi primer, namun umumnya dipicu oleh obesitas, asupan garam yang tinggi, dan kolestrol yang tinggi. 5% disebabkan oleh Penyakit ginjal, penyakit endokrin, penyakit jantung, ganguan anak ginjal, dll atau disebut hipertensi sekunder. Wow mendengar dampak buruk dari penyakit darah tinggi ini, Bagi Anda yang mengalami masalah tekanan darah tinggi maka harus diperlukan penanganan yang lebih baik dan tepat.

Sudah banyak masyarakat yang saat ini mengalami masalah kesehatan terutama tekanan darah tinggi akan tetapi tidak menyadarinya. Diperlukan tindakan yang serius mencakup seluruh masyarakat untuk mengurangi akibat tekanan darah tinggi dan meminimalkan kebutuhan terapi dengan obat antihipertensi. Banyak hal yang harus dianjurkan bagi masyarakat agar adanya perubahan gaya hidup untuk menurunkan tekanan darah, sebelum memulai terapi obat.

Berikut pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi masalah kesehatan tekanan darah tinggi, hal pertama adalah ;

  • Menjaga berat badan normal (misalnya, indeks massa tubuh 20–25 kg/m2).
  • Mengurangi asupan diet yang mengandung natrium sampai <100 mmol/ hari (<6 g natrium klorida atau <2,4 g natrium per hari). Banyak yang tidak menyadari bahwa makanan ringan dan juga mie instan banyak mengandung garam, demikian juga vetsin yang sebenarnya adalah monosodium glutamate, karena sodium sebenarnya adalah nama lain dari natrium.
  • Melakukan aktivitas fisik aerobik secara teratur, misalnya jalan cepat (≥30 menit per hari, pada hampir setiap hari dalam seminggu).
  • Batasi konsumsi alkohol tidak lebih dari 3 unit/hari pada laki-laki dan tidak lebih dari 2 unit/hari pada perempuan.
  • Mengonsumsi makanan yang kaya buah dan sayuran (misalnya, sedikitnya lima porsi per hari).
Nah itulah cara untuk melakukan pencegahan agar tekanan darah tidak tinggi, Perubahan gaya hidup yang efektif dapat menurunkan tekanan darah setara dengan masing-masing obat antihipertensi. Kombinasi dari dua atau lebih perubahan gaya hidup dapat memberikan hasil lebih baik. Semoga informasi ini dapat membantu Anda, Terima kasih.

Simak artikel kesehatan lainnya ;

0 komentar:

Cari Informasi

Konsultasi Produk

Ahmad Huderi

Pengelola : Ahmad Huderi
( Simpati ) 081314867968
( XL ) 087828412474
Pin BB: 5D4A955B

Profil Facebook