Home » » Kegunaan Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Kegunaan Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Manis dan segar itulah yang akan kita rasakan saat monum air kelapa apalagi yang muda. ternyata selain menyegarkan, mengkonsumsi air kelapa juga dapat memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh.
Didalam air kelapa terdapat banyak unsur-unsur yang bermanfaat untuk tubuh antara lain Air, karbohidrat, air, lemak, abu, sejumlah nutrisi (Sukrosa, fluktosa, dan destrosa) serta vitamin B kompleks (biotin, asam pantotenat, asam folat, dan riboflafin)

Air kelapa mengandung Cytokinin yang dipercaya sebagai bahan anti penuaan dan anti kanker ,sumber eletrolit alami yang steril dan mengandung kadar kalium, khlor, serta klorin yang tinggi.

Dalam industri makanan, air kelapa dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan kecap dan nata de coco. Sementara dalam keadaan segar, air kelapa muda merupakan minuman yang menyegarkan.Sebenarnya, air kelapa telah lama dikenal sebagai sumber zat tumbuh, yaitu sitokinin. Selain itu, air kelapa juga mengandung protein, sedikit lemak, mineral, karbohidrat, dan berbagai vitamin (C dan B kompleks) .Manfaat air kelapa  bagi kesehatan dan kecantikan adalah sebagai berikut:
  • Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni.
  • Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.
  • Susu yang dicampur dengan air kelapa muda amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.
  • Air kelapa muda dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan anti-biotika lain, sehingga menjadikan obat-obat tersebut lebih cepat diserap darah.
  • Air kelapa dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerut-merut wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi nampak berseri. Penggunaan dilakukan dengan membasuhkannya pada muka secara kontinu tiap hari.
  • Air kelapa dicampur sedikit madu merupakan tonikum yang murah, tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seks yang berlebih.
Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Air Kelapa Muda :

Nama Bahan Makanan : Air Kelapa Muda
Nama Lain / Alternatif : Kelapa Muda, Air
Banyaknya Air Kelapa Muda yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Air Kelapa Muda yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Air Kelapa Muda = 17 kkal
Jumlah Kandungan Protein Air Kelapa Muda = 0,2 gr
Jumlah Kandungan Lemak Air Kelapa Muda = 0,1 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Air Kelapa Muda = 3,8 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Air Kelapa Muda = 15 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Air Kelapa Muda = 8 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Air Kelapa Muda = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Air Kelapa Muda = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Air Kelapa Muda = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Air Kelapa Muda = 1 mg

Air Kelapa Bisa mengobati jenis penyakit :
  • Demam berdarah
  • Diare
  • Alergi
  • Panas dalam
  • Dll
Efek Negatif Air Kelapa
  1. Air kelapa yang mengandung mineral dan vitamin baik untuk dikonsumsi setelah kita melakukan aktifitas yang melelahkan dan memeras keringat. Ternyata, minum air kelapa saja tidak cukup. Ketika mengeluarkan keringat, tubuh kita akan mengalami kekurangan sodium. Sedangkan kadar sodium dalam air kelapa tidaklah mencukupi untuk mengganti kekurangan sodium di tubuh kita. Konsumsi air mineral tetap disarankan.
  2.  Air kelapa merupakan minuman yang rendah lemak. Namun jangan menjadikan air kelapa sebagai obat penurun berat badan atau obat diet alami. Karena konsumsi air kelapa yang berlebihan kemungkinan dapat menyebabkan diare. Bagi orang yang mengalami sembelit, air kelapa memiliki manfaat yang besar karena membantu melancarkan pencernaan yang terganggu.
  3.  Walaupun asam amino yang terkandung dalam air kelapa lebih tinggi daripada kandungan asam amino dalam susu sapi, tidak berarti kita berhenti minum susu dan menggantinya dengan air kelapa. Karena susu mengandung vitamin dan mineral yang lebih lengkap daripada air kelapa. Jadi ketika Anda mengganti susu dengan air kelapa, Anda akan mengalami kekurangan nutrisi dan dapat mengganggu kinerja organ tubuh.
  4.  Air kelapa memang memiliki kandungan sejumlah zat mineral yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun mengkonsumsi air kelapa tidak menjamin kuatnya sistem imun kita melawan serangan penyakit yang disebabkan bakteri dan virus. Padahal sistem kekebalan tubuh manusia sangat kompleks dan membutuhkan nutrisi yang cukup untuk membangun sistem imun yang kuat.
  5.  Jangan meminum air kelapa saat Anda berada dalam perjalanan ke suatu tempat. Salah satu efek samping air kelapa adalah dapat menimbulkan kejang otot dan rasa lelah akibat kadar kalsium dalam kandungan air kelapa.
  6.  Air kelapa memang bermanfaat bagi penderita penyakit batu ginjal, namun berbahaya bagi orang yang fungsi ginjalnya telah mengalami penurunan.  Maka harus dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada penderita batu ginjal tersebut. Karena kalium dan zat elektrolit lainnya dalam air kelapa dapat menyebabkan hiperkalemi. Efek samping air kelapa pada penderita fungsi ginjal yang turun adalah dapat membahayakan jantung.

0 komentar:

Cari Informasi

Konsultasi Produk

Ahmad Huderi

Pengelola : Ahmad Huderi
( Simpati ) 081314867968

Profil Facebook