Home » » Keampuhan Buah Pisang Bagi Kesehtan Keluarga

Keampuhan Buah Pisang Bagi Kesehtan Keluarga





Disebutkan dalam pengobatan kuno bahwa  pisang bermanfaat dalam (pengobatan) inflamasi (radang) , paru-paru, dan batuk. Dan melancarkan buang air kecil, dan bermanfaat untuk luka ginjal dan kandung kemih. Ia juga membangkitkan hasrat hubungan suami isteri dan meningkatkan produksi sperma (air mani). Di samping itu ia juga melunakkan perut, meningkatan produksi empedu, dan kelenjar yang lain, namun terlalu banyak mengkonsumsinya juga kurang bagus karena ia berat dicerna (oleh lambung).


Manfaat Pisang

Untuk dunia kesehatan sangat banyak sekali, buah yang banyak kita suka temukan di sekitar kita ini, selain enak juga memiliki manfaat byang mungkin jarang kita ketahui secara detail, Di antara manfaat buah pisang bagi dunia kesehatan :
  • Meningkatkan kesehatan otak
  • Untuk penyakit usus di perut
  • Bisa menyehatkan usus
  • Bisa melancarkan peredaran darah
  • Bagi penderita liver
  • Sebagai sumber tenaga
  • Untuk diabetes
  • Menurunkan berat badan
  • Menyembuhkan luka bakar
  • Mengobati gigitan bekas nyamuk
  • Bagi penderita anemia
  • Mengurangi yeri haid
Komposis Ilmiah dan Zat Aktif Yang Dikandungnya

Analisis menunjukkan bahawa pisang mengandung (68%) air, (25%) gula, (2%) protein, (1%) lemak, serat selulosa. Sebagaimana juga dia mengandung pati dan asam tanin, vitamin A  (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng.

Pisang Tingkatkan Konsentrasi Anak

Manfaat Pisang ternyata dapat meningkatkan konsentrasi anak. Buah Pisang termasuk buah yang padat nutrisi dan energi. Teksturnya yang lembut membuat pisang sering dijadikan buah pilihan untuk makanan bayi. Bagi anak-anak, manfaat pisang juga bisa menjadi bekal sehat ke sekolah.

Di banyak negara maju, pisang kerap menjadi bekal makanan anak-anak ke sekolah. Mereka juga memiliki resep pisang tersendiri dengan memasukkan potongan buah pisang ke dalam sereal dan susu saat sarapan. Pisang menyediakan cukup energi bagi anak-anak untuk siap mengikuti pelajaran di sekolah. Dr Ir Sobir dari Pusat Kajian Buah-buahan Tropika IPB menjelaskan, sebuah penelitian tentang buah pisang dilakukan terhadap 200 pelajar di sekolah Twickehnham di Middlesex, Inggris. Kepada mereka diberikan makanan tambahan berupa buah pisang saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Penelitian dilakukan menjelang waktu ujian.

Hasilnya, menurut Dr Sobir, konsumsi pisang ( produk kesehatan) tersebut membantu proses belajar mereka. Kalium yang terdapat pada pisang inilah yang berperan meningkatkan konsentrasi belajar anak.
Selain itu, kandungan vitamin B pada pisang yang cukup tinggi juga mampu mempertahankan aktivitas kerja sistem saraf. Hal inilah yang mendorong pelajar bisa berkonsentrasi lebih lama. Dalam satu pisang memang terkandung banyak zat gizi. “Kandungan vitamin dan mineralnya lebih unggul dibandingkan buah dan sayuran lain, terutama untuk vitamin B6 (piridoksin), C, kalium, serat, dan mangan,” katanya.

Jika dibandingkan dengan apel, pisang mengandung 4 kali lebih banyak protein, dua kali lebih banyak karbohidrat, tiga kali lebih banyak fosfor, lima kali lebih banyak vitamin A dan zat besi, serta dua kali lebih banyak vitamin dan mineral lainnya. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari satu pisang. Selain sangat bermanfaat dalam mencegah stres, pisang juga meningkatkan daya pikir, mengobati radang cerna, serta menyehatkan mata.

Manfaat Pisang Untuk Kecantikan

 Untuk mengangkat sel kulit mati.

Caranya : Ambil Buah Pisang dan Strawberry lalu potong kecil-kecil, kemudian hancurkan sampai halus. Tambahkan dua sendok minyak zaitun, aduk sampai rata, jangan lupa tambahan setengah cangkir gula, aduk kembali sampai benar-benar rata. Oleskan pada kulit, usap lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati, diamkan sesaat lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin seminggu sekali.

Mengencangkan kulit payudara

Kandungan Vitamin E  dalam pisang bermanfaat menyehatkan kulit.
Caranya : Pisang dihancurkan sampai menjadi bubur, tambahkan satu sendok madu, aduk. Kemudian oleskan pada daerah payudara dan biarkan mengering. Lalu bilas dengan air hangat baru dibilas dengan air dingin. Lakukan satu minggu sekali.

Mampu mencerahkan kulit wajah

Caranya, hancurkan pisang sampai menjadi bubur, tambahkan oatmeal secukupnya dan aduk sampai merata. Oleskan pada wajah, biarkan 10-15 menit, bilas dengan air hangat. Lakukan minimal satu minggu sekali

Untuk melembutkan kulit

Caranya, siapkan setengah pisang dan alpukat, lalu blender hingga tercampur rata, tambahkan satu sendok minyak zaitun dan dua sendok makan yoghurt, aduk sampai rata. Oleskan pada wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat, lalu bilas dengan air mawar. Lakukan setiap 1 minggu sekali.

Buah pisang termasuk buah yang peka zaman, dan sangat pas jika dihidangkan dalam acara apapun. Kadang kita serring menjadikan buah pisang sebagai buah pencuci mulut setelah makan. Nah …. begitu banyak manfaat yang dikandung buah pisang, semoga manfaat pisang diatas bisa bermanfaat.

0 komentar:

Cari Informasi

Konsultasi Produk

Ahmad Huderi

Pengelola : Ahmad Huderi
( Simpati ) 081314867968

Profil Facebook