Home » , , , » Cara Menghindari Penyebab Gula Darah Naik agar Diabetes Tidak Kambuh

Cara Menghindari Penyebab Gula Darah Naik agar Diabetes Tidak Kambuh

Memiliki kadar gula darah yang tinggi adalah suatu hal yang sangat buruk bagi kesehatan. Karena dapat menimbulkan berbagai madalah pada kesehatan diri Anda. Misalkan saja tingkat kadar gula darah tinggi dapat mempengaruhi gangguan pada fungsi mata, ginjal, setroke, serangan jantung dan bahkan kemandulan. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah kenaikan kadar gula dalam darah ? Tips sehat Cara Menghindari Penyebab Gula Darah Naik agar Diabetes Tidak Kambuh.

Cara Menghindari Penyebab Gula Darah Naik agar Diabetes Tidak Kambuh


Cara Menghindari Penyebab Gula Darah Naik agar Diabetes Tidak Kambuh

Untuk menghindari kenaikan kadar gula dalam darah bukan hanya dilakuakn oleh orang yang menderita penyakit diabetes saja, Anda yang sehat juga harus menjaga agar kadar gula darah tidak mengalami kenaikan secara berlebih. Cara yang dapat dilakukan agar kadar gula dalam darah stabil adalah dengan melakukan hal berikut ini ;

Melakukan sarapan pagi dengan menu yang sehat

Menurut hasil penelitian pada tahun 2013, wanita gemuk yang terbiasa tidak sarapan mempunyai kadar insulin dan kadar gula darah yang lebih tinggi setelah makan siang daripada mereka yang sarapan. Penelitian lain yang dimuat pada American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa pria yang sering tidak sarapan memiliki peluang sebesar 21% lebih banyak untuk terkena diabetes. Menu sarapan yang terdiri dari protein serta lemak sehat dapat menjaga gula darah tetap stabil sepanjang hari.

Mengurangi Konsumsi Pemanis Buatan

Penelitian di Israel memperlihatkan bahwa pemanis buatan bisa memberikan efek negatif. Peneliti meneliti tikus percobaan yang diberikan pemanis buatan. Tikus tersebut memiliki kadar gula darah yang lebih tinggi daripada tikus yang meminum air gula biasa.

Para peneliti kemudian menemukan cara menurunkan kadar gula darah tikus dengan memberikannya antibiotik. Hal ini menunjukkan bahwa pemanis buatan dapat mengubah bakteri usus dan akhirnya memengaruhi pemrosesan glukosa.

Penelitian lebih lanjut yang melibatkan 400 orang dari tim peneliti mendapati pengguna pemanis buatan jangka panjang cenderung memiliki kadar gula darah puasa yang lebih tinggi. Hasil temuan tersebut menunjukkan bahwa konsumsi pemanis buatan pengganti gula sebaiknya hanya dalam jumlah sedang.

Mengurangi Konsumsi Makanan Berlemak

Suatu studi di tahun 2011 yang dimuat dalam Journal of Nutrition meminta partisipan untuk makan makanan berlemak dan setelah 6 jam kemudian diminta meminum minuman manis. Setelah diukur, kadar gula darah mereka meningkat 32 persen dibandingkan sebelum makan makanan berlemak. Dari studi ini dibuktikan bahwa kadar lemak dalam darah memengaruhi kemampuan tubuh untuk membersihkan gula darah.

Berhentilah Merokok

Suatu riset di California State Polytechnic University tahun 2011 mendapati bahwa semakin banyak kandungan nikotin di dalam tubuh, maka semakin besar juga tingkat A1C nya (ukuran kontrol gula darah). Tingginya kadar gula darah sanggup memperbesar risiko komplikasi diabetes yang berbahaya, misalnya serangan jantung, stroke, serta gagal ginjal.

Minum Herbal 

Manfaat dari obat herbal yang ternyata dapat menjaga kesehatan terutama untuk menjaga kadar gula darah agar stabil merupakan cara yang tepat, hal ini dikarenakan kandungan alami pada herbal sangat baik untuk kesehatan organ tubuh dan mampu menyesuaikan pada kondisi tubuh setiap orang. Manfaat herbal yang bisa dikonsumsi misalnya dari ekstrak kulit buah manggis dan daun murbei, sudah terbukti sangat baik untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Untuk informasi lebih lengkapnya tentang manfaat herbal silahkan baca di artikel tentang obat herbal menurunkan kadar gula darah.

Nah itulah cara tepat untuk membantu Anda yang ingin menjaga kadar gula dalam tubuh agar tetap dalam keadaan normal. Semoga informasi ini dapat membantu. Terima kasih

0 komentar:

Cari Informasi

Konsultasi Produk

Ahmad Huderi

Pengelola : Ahmad Huderi
( Simpati ) 081314867968

Profil Facebook